artikel mengenai asuransi

Senin, 11 Januari 2016

Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah

Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah-Asuransi kesehatan adalah merupakan salah satu produk atau jenis dari asuransi yang menangani secara khusus mengenai masalah penjaminan biaya kesehatan maupun perawatan mereka yang telah bergabung menjadi anggota asuransi tersebut. Jadi dengan kata lain orang yang sudah mendaftar pada sebuah asuransi kesehatan maka apabila mereka mengalami gangguan kesehatan maupun kecelakaan maka biaya mereka akan digantikan. Jika ditelisik lebih jauh lagi, asuransi kesehatan yang banyak berkembang di Indonesia memberikan dua jenis penawaran model asuransi yaitu asuransi kesehatan untuk mengatasi masalah rawat inap (in-patient treatment) dan juga rawat jalan (out-patient treatment). Perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi umum dan juga asuransi jiwa sudah banyak yang mengeluarkan jenis asuransi kesehatan ini.

Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah
Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah

Asuransi rawat jalan biasanya meliputi biaya dokter, diagnosis/lab dan juga obat. Untuk berasan biaya yang akan ditanggung pastinya akan ditentukan dengan menggunakan limit maksimal untuk setiap komponen per kunjungan atau per tahun dan juga frekuensi maksimal kunjungan dalam satu tahun. Selain iju juga akan dilakukan pembatasan yang juga dapat dapat diberlakukan dengan mewajibkan rujuakan dokter umum sebelum kunjungan ke dokter spesialis atau pertanggungan akan diberikan hanya bila pelayanan kesehatan dilakukan oleh penyedia jasa layanan yang terdaftar. Namun biasanya rawat jalan harus menjadi satu dengan asuransi rawat inap.

Asuransi rawat inap meliputi biaya inap pada rumah sakit yang mencakup biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, laboratorium diagnosik, pembedahan dan sebagainya. Untuk asuransi rawat inap biasanya dilakukan penggolongan berdasarkan kelas kamar yang digunakan.

Di Indonesia sendiri, BPJS kesehatan merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan kepada para anggotanya yang kebanyakan merupakan pegawai negeri sipil dan sebagian juga non sipil. Yang enaknya lagi anak-anak para pegawai negeri sipil tersebut juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Dan juga para pensiunan beserta istri maupun suami juga dijamin hingga seumur hidup.

Namun sudah banyak juga perusahaan asuransi lainnya non pemerintah yang mengeluarkan asuransi kesehatan. Mereka mencoba menawarkan berbagai macam asuransi kesehatan dengan berbagai macam varian yang berbeda. Biasanya mereka melakukan kerjasama program asuransi kesehatannya dengan provider rumah sakit baik yang secara langsung ataupun melalui institusi perantara sebagai asisten manajemen jaringan rumah sakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Asuransi Kesehatan Adalah

0 komentar:

Posting Komentar