artikel mengenai asuransi

Selasa, 12 Januari 2016

Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik

Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik-Aurasnsi dapat dikatakan penting dalam kehidupan karena dapat menjadi sebuah pegangan saat terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Ada banyak sekali penyedia atau asuransi kesehatan yang ada di Indonesia, sehingga dengan terlalu banyaknya kadang membuat kita menjadi sulit untuk memilih penyedia atau perusahaan asuransi mana yang terbaik.
Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik
Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik

Hal ini sangat penting dan perlu diingat dalam hal memilih perusahaan asuransi swasta. Karena secara umum ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah perusahaan atau penyedia jasa asuransi. Faktor pertama adalah kekuatan keuangan dari perusahaan tersebut (security), faktor kedua adalah jasa (service) dan yang terakhir adalah biaya.

Kekuatan keuangan asuransi menyangkit kemampuan keuangan dari perusahaan tersebut dalam hal memenuhi janjinya jika keadaan membutuhkan. Penting untuk diketahui adalah karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang terlihat keren dan mentereng seperti memiliki gedung bertingkat, kendara direksinya mantap akan tetapi jika terjadi klaim oleh nasabah perusahaan tersebut ternyata tidak mampu untuk membayar.

Untuk dapat menilai keuangan dari perusahaan asuransi, ada beberapa tolak ukur yang dapat kita jadikan patokan, seperti :


  • Aset dan labilitasnya, Ini dapat dilihat dari laporan neraca keuangannya yang diumumkan biasanya di koran. Kita lihat juga apakah investasinya ditanam pada current atau longtern. Sedangkan dari segi liabilitas (kemampuan melunasi kewajiban) akan terlihat di neraca bagaimana utangnya pada reasuradur, bagaimana dia memenuhi kewajiban untuk membayar klaim dan sebagainya.
  • Indikator libilitas antara lain adalah net equity (modal sendiri) yang dibagi dengan net premi (premi bersih) minimal 50%. Modal sendiri juga dibagi dengan gross premi (premi kotor) minimal 20 %. Sedangkan batas tingkat solvabilitasnya yang terlihat dari modal sendiri dibagi dengan premi bersih minimal 10% dan dana investasi dibagi dengan cadangan teknik minimal 100 %.
  • Underwriting Policy, Pada neraca dan juga laporan tahunan akan terlihat bahwa asuransinya masih mendapatkan keuntungan atau mengalami pertumbuhan laba, berarti hal ini menunjukkan underwariting policy-nya bagus.
  • Underwriter, Asuransinya memiliki tenaga-tenaga yang berkualitas atau tidak. Hal ini dapat diketahui dari profil perusahaan yang memuat para underwritern-nya.

Masih banyak sekali jenis asuransi yang dapat anda pilih dan juga dipertimbangkan. Dan jangan terlalu percaya dengan rayuan dan penjelasan dari para agen asuransi akan tetapi pastikan bahwa kita bisa mendapatkan advice atau bimbingan mengenai asuransi dari agen kita secara terus menerus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik

0 komentar:

Posting Komentar